.

Apa Itu Rubiks Cube atau Kubus Rubik ?

Apa Itu Rubiks Cube atau Kubus Rubik ?

Apa Itu Rubiks Cube atau Kubus Rubik? - Mengenal lebih jauh tentang rubiks cube (kubus rubik)

Hallo sobat blogger semua, kali ini saya akan berbagi pengalaman saya di dunia rubik. Ini merupakan hobi ane juga hehe
Silahkan disimak...

Pernahkah anda melihat gambar disamping?
- Jika belum, lanjutkan membaca sampai habis. Hehe
- Jika pernah, ya itulah dia rubiks cube (RC). Atau lebih sering kita kenal
dengan nama kubus rubik. Mainan puzzle berbentuk kubus dengan ukuran 3x3x3 yang memiliki 6 sisi warna yang berbeda. (baca: Bagian-bagian rubiks cube)


Sejarah Rubiks Cube

Ernő Rubik

Menurut Wikipedia, kubus rubik pertama kali ditemukan pada tahun 1974 oleh pemahat dan profesor arsitektur Hungaria, yang bernama Ernő Rubik. Awalnya kubus ini digunakannya sebagai alat pengajaran untuk membantu murid-muridnya memahami objek 3D, tujuan yang sebenarnya adalah memecahkan masalah struktural pada bagian-bagian yang mandiri tanpa mekanisme yang menyebabkan seluruh bagiannya berantakan.

Dan dia tidak menyangka bahwa dia telah menemukan sebuah permainan teka-teki baru. Kemudian ia mengacak kubusnya itu untuk pertama kalinya dan kemudian mencoba untuk mengembalikannya ke posisi semula, butuh waktu sebulan mempelajari kubusnya sampai akhirnya kubus itu selesai (solve).

Setelah beberapa kali mengajukan permohonan hak paten, dan akhirnya tahun 1977 rubik resmi dirilis dan dijual di toko mainan di Hungaria dan disebarkan oleh pembeli sampai ke eropa dan ke negara-negara lainnya di dunia. (baca: Biografi Ernő Rubik)

Rubik Pertama di Dunia
















Bentuk dan Ukuran Rubiks Cube

Rubiks cube merupakan permainan puzzle yang dapat mengasah kemampuan berpikir. Rubiks cube berbentuk kubus yang memiliki enam sisi warna yang berbeda, dengan ukuran rubiks normal 5,6 cm. Tetapi banyak juga variasi ukuran rubiks cube, seperti rubiks jumbo dengan ukuran 7 cm. Bahkan ada juga rubiks cube mini dengan ukuran 3 cm. Tergantung pencipta rubik yang membuatnya, dan sekarang banyak sekali rubik yang beredar dengan berbagai macam model.

Jenis-jenis Rubiks Cube

Rubiks cube sebenarnya adalah nama paten dari perusahaan "Rubik's Cube" yang memiliki produk kubus rubik yang asli (orisinil). Tetapi karena sudah sering diucapkan jadinya orang-orang lebih mengenalnya dengan rubiks cube.

Disamping memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda-beda, rubiks cube juga memiliki jenis yang sangat beragam. Yang umum diantaranya adalah: Rubiks 2x2x2, 3x3x3, 4x4x4, 5x5x5, 6x6x6, 7x7x7, 9x9x9, dan 11x11x11
Dan masih banyak lagi yang unik-unik, seperti: Pyraminx, Megaminx, Teraminx, Square-1, Miror cube, magic cube, dll


Jenis-jenis Rubiks Cube


Turnamen Rubiks Cube

Rubiks cube dimainkan oleh semua kalangan, dari anak-anak bahkan
sampai orang tua. Tidak jarang kita lihat video anak-anak umur dibawah
10 tahun bisa menyelesaikan rubik di youtube. Bisa anda saksikan di youtube, banyak.

Rubiks cube tidak hanya untuk sekedar dimainkan sampai selesai begitu saja. Tapi rubiks cube juga diperlombakan, baik dikancah nasional maupun internasional. Bahkan saya pernah melihat Kakek-kakek yang ikut turnamen rubik, tidak hanya kakek-kakek, anak-anak kecil pun tidak mau kalah. Walaupun tidak dapat juara, setidaknya mereka sudah mencoba.

Untuk world record (rekor dunia) Single 3x3x3 saat ini dipegang oleh Mats Valk, dengan catatan waktu 5.55 detik (Tonton videonya sekarang) mengalahkan rekor sebelumnya oleh Felix Zemdegs dengan catatan waktu 5.66 detik (Tonton videonya sekarang)
Hanya selisih waktu 0,11 detik! Luar biasa bukan? Hehe





Bagaimana dengan anda? Tertarik kah memainkan puzzle unik ini?

Baca juga :
Previous
Next Post »